Monday, December 22, 2014

4 Hal Ini Wajib Diperiksa Sebelum Berlibur

4 Hal Ini Wajib Diperiksa Sebelum Berlibur



Bagi Anda yang ingin berlibur akhir tahun ke luar kota dengan menggunakan mobil pribadi – baik yang masih baru maupun lama – memastikan kondisi prima adalah hal yang utama. Mengganti oli saja tidaklah cukup, lantas apa saja yang perlu diperhatikan?

"Untuk bagian mesin, bukan sekadar oli yang diganti, tetapi juga memastikan kondisi filter oli dan udara, kelistrikan, dan radiator harus dipriosritaskan," 

Menurutnya, meski mobil baru namun pemeriksaan beberapa bagian itu masih perlu. Berikut, beberapa bagian yang perlu diperhatikan :

 1. Ganti oli
Meski belum saatnya mengganti oli, namun jika Anda ingin bepergian jauh sebaiknya mengganti oli.
Soalnya, selain melumasi komponen mesin, oli juga berfungsi mendinginkan mesin.
Zat aditif dan partikel lain di oli yang baru lebih cepat dalam mendinginkan suhu mesin.

 2. Periksa kondisi dan posisi air radiator
Sangat disarankan untuk memeriksa air radiator. Jika warnanya sudah keruh sebaiknya kuras dan diganti, sebab air yang sudah keruh mengindikasikan ada banyak kotoran yang bisa menyumbat sel-sel radiator.

Namun jika masih jernih, namun posisinya telah berkurang, segera tambahi.
Jika menggunakan air biasa, disarankan menggunakan air mineral. Soalnya, jika air ledeng atau sumur banyak mengandung zat besi atau kapur air akan berpengaruh kepada kekuatan sel radiator.

 3. Cermati sistem kelistrikan
Baik mobil Anda baru atau sudah lama memastikan kondisi aki dan sistem kelistrikan tak bermasalah wajib dilakukan. Begitu pun dengan alternator.
Ingat, sistem kelistrikan menjadi penyebab terbanyak kedua kecelakaan, setelah ban pecah. Oleh karena itu jangan menyepelekannya.

 4. Filter udara dan oli
Untuk menunjang kenyamanan dan tingkat efisiensi bahan bakar jangan dilupakan memeriksa dan membersihkan saringan atau filter udara dan oli.
Soalnya, kondisi filter udara sangat berpengaruh terhadap sempurnanya proses pembakaran di ruang bakal mesin.
Jika pembakaran sempurna maka bahan bakar yang dibakar di mesin juga maksimal dan efisen. Walhasil, konsumsi bahan bakar juga lebih hemat.

0 comments:

Post a Comment