Thursday, January 1, 2015

Pilih Ban Tubeless atau Ban Biasa?

Pilih Ban Tubeless atau Ban Biasa?




Banyak pemilik kendaraan bermotor yang beralih menggunakan ban tubeless karena keunggulannya yang anti-bocor, meskipun sebenarnya ban tubeless tidak benar-benar anti-bocor.
Ban tubeless bukanlah ban anti-bocor, melainkan tidak langsung kempes begitu ban terkena paku sehingga pemilik kendaraan masih sempat untuk membawa motor atau mobilnya ke tempat tambal ban terdekat.

Keunggulan ban tubeless yang tidak langsung kempes ini bagi pengendara motor adalah tidak perlu takut lagi terjebak di area yang gelap dan berbahaya karena ban motor terkena paku. Hal itu juga akan sangat berguna apabila pengendara motor sering pulang malam dan tak ada tukang tambal ban di dekat tempat kejadian.

Ban tubeless juga cocok untuk digunakan ketika mengebut dan menikung karena memiliki bentuk alur ban yang lebih mencengkeram jalanan. Ban jenis ini sangat stabil digunakan ketika kendaraan sedang kondisi kecepatan tinggi.

Jika Anda pintar merawat ban tubeless, tentu pengeluaran menjadi lebih sedikit dibandingkan jika memakai ban biasa yang harus bolak-balik ke tukang tambal ban.

Sayangnya, ban tubeless ini hanya bisa digunakan pada pelek racing. Walaupun sudah ada alat yang dapat memasang ban tubeless pada pelek jari-jari, tetap saja risiko bocornya nitrogen tetap ada.

Selain itu, kekurangan lain ban tubeless adalah harganya yang relatif lebih mahal dibanding ban biasa.

Ban tubeless juga lebih keras dibanding ban biasa karena memiliki struktur karet lebih tebal dan padat.

Karena itu, jika Anda sering melewati jalanan yang rusak menggunakan ban tubeless, justru pelek dan komponen lain akan cepat rusak. Ban tubeless lebih cocok digunakan di jalan yang bagus.

0 comments:

Post a Comment