Monday, December 22, 2014

Yamaha: R25 dan R15 Bakal Pakai Rem ABS

 Yamaha: R25 dan R15 Bakal Pakai Rem ABS


Yamaha menginginkan sepeda motor yang dijualnya di Indonesia menjadi salah satu pilihan transportasi yang aman. Dari aspek kendaraan, motor-motor premium Yamaha seperti R15 dan R25 nantinya akan menggunakan rem Antilock Bracking System (ABS).

"Harapannya ke depan sepeda motor betul-betul menjadi transportasi yang aman. Dari pabrik kita terus perbaiki," ujar Asisten GM Marketing PT YIMM, Mohammad Masykur di Bogor, pekan lalu.

Masykur melanjutkan, lineup yang akan menerapkan ABS adalah motor premium milik Yamaha. Menurutnya, Yamaha R15 dan R25 ke depannya akan dilengkapi dengan sistem ABS itu.

"Sekarang yang premium itu R15 sama R25. Kalau dulu kan yang premium V-Ixion. Sekarang udah ada R15 dan R25," katanya.

Lebih lanjut, Masykur menjelaskan keamanan yang diberikan pada rem di motor-motor Yamaha. Sebelumnya, motor-motor Yamaha sudah menggunakan rem cakram di depan dengan menggunakan cairan fluida.

"Rem depan sudah pakai fluida dan kita akan buat lagi ABS," kata Masykur.

Penerapan sistem ABS di motor premium Yamaha itu akan dilakukan mulai tahun 2015. "Soal kapannya, nanti kita informasikan. Tapi tahun depan akan pakai ABS," ujarnya.

Sebelum menggunakan rem cakram dengan fluida, Yamaha menerapkan rem cakram kering. Tapi, hal itu dianggap terlalu bahaya. Bahkan, dengan adanya rem cakram kering itu, masyarakat banyak yang menganggap bahwa menggunakan rem depan cakram terlalu bahaya.

0 comments:

Post a Comment